Kodim 1431 Bombana Bersih-Bersih Pasar, Tangkal Wabah dan Banjir

  • Whatsapp
Pembersihan saluran air pasar Tadoha Mappacing oleh anggota Kodim1431 Bombana. Foto: Ist.
banner 468x60

BOMBANA, SULTRAKU.COM – Guna menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan, Anggota Kodim 1431 Bombana yang dipimpin langsung oleh Dandim Letkol Andi Irfandi, Pemda Bombana bersama masyarakat sekitar membersihkan salah satu pasar rakyat Tadoha Mappacing yang bertempat di Desa Tapuhahi, Rumbia Tengah, Kamis (7/12/2023).

Dalam kegiatan pembersihan lingkungan itu, melibatkan kerja sama antara anggota Kodim 1431dan jajaran pemerintahan, terlebih masyarakat didorong agar lebih memperhatikan serta meningkatkan kebersihan, baik dalam maupun di luar lingkungan dalam hal ini seputaran pasar Tadoha Mappacing.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh satuan teritorial TNI AD se-Indonesia, Karya Bhakti yang telah diprogramkan sebelumnya yaitu sasaran pembersihan pasar, pembersihan wilayah rawan banjir dan penanaman pohon dengan tujuan penanggulangan bencana alam, wabah penyakit dan mengurangi emisi karbon.

Kodim 1431 Bombana rencananya akan melakukan penanaman sebanyak 1.500 pohon, dibagi dalam tiga wilayah Koramil yang berada di bawah naungan Kodim 1431 Bombana yaitu Rumbia, Poleang dan Pulau Kabaena.

“Sampah yang menumpuk menggenang di saluran air depan pasar, juga saluran air menuju lapak penjualan ikan sudah dibersihkan agar tidak tersumbat ketika turun hujan,” ucap Dandim Bombana, Letkol Andi Irfandi.

Giat ini dilakukan selama 3 hari dan akan dilaksanan pada dua titik berbeda. Andi Irfandi juga mengimbau kepada masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dalam menghadapi musim hujan mendatang dengan tidak membuang sampah dengan sembarangan.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup menurunkan tiga truk dan lima unit kendaraan gerobak sampah, juga tenaga bersih kota dan pertamanan untuk pengangkutan sampah-sampah untuk dibuang.

“Kami sangat mengapresiasi program dari rekan-rekan TNI dan kami siap untuk turut berkerja sama dalam kegiatan ini,” ucap Sekertaris DLH, Makmur Darwis.

Tempat sama, Kepala Desa Tapuhali, Sulfandi menyambut positif kegiatan itu karena meningkatkan jalinan kebersamaan antara TNI, pemerintah dan masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, lingkungan pasar terlihat bersih terlebih sampah dan saluran airnya,” jelas Sulfandi.

Penulis: Melsandy Wauda
Editor: Kardin

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *