Tahapan Pemilu Telah Dimulai, KPU Muna Barat Minta Dukungan Stakeholder

  • Whatsapp
Foto bersama setelah launcing tahapan pertama Pemilu 2024 di Kantor KPU Muna Barat. Foto: Ist
banner 468x60

MUNA BARAT, SULTRAKU.COM – Tahapan Pemilu 2024 telah dimulai. Ketua KPU Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, meminta perkuat atau penambahan jaringan internet serta dukungan dari seluruh stakeholder.

Ketua KPU Muna Barat, Awaludin Usa, mengatakan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu menyebutkan tahapan pemilu paling lambat dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Bacaan Lainnya

“Tahapan pemilu sudah dilaunching, jadi untuk pemilihan sudah ditentukan pada tanggal 14 Februari 2024,” tuturnya, (15/6/2022).

Ia mengaku bahwa saat ini KPU Muna Barat tengah memperkuat akses jaringan internet, sebab pemilu mendatang, banyak menggunakan aplikasi, maka ketua KPU akan memastikan kapasitas internet harus kuat demi kelancaran pemilu.

Selain itu, lanjut Awaludin, pihaknya sedang ,membenahi fasilitas pelayanan untuk melayani partai politik yang akan mendaftar sebagai peserta pemilu mendatang.

Ia juga menyebutkan tahun 2022 ini ada tiga tahapan yang akan dilakukan, yakni pemutakhiran data, menerima pendaftaran, verifikasi partai, dan penataan daerah pemilih.

Untuk itu, ia berharap agar seluruh stakeholder dapat bersama-sama menyukseskan pemilu tahun 2024 mendatang, sebab ini bukan hanya tanggung jawab KPU, tetapi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

“Ini juga merupakan tanggung jawab stakeholder, baik TNI/Polri, pemerintah daerah, kejaksaan dan bawaslu,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Muna Barat, Husein Tali mengatakan Pemilu 2024 mendatang menjadi tanggung jawab bersama, maka ia juga memastikan kesiapan anggaran pada APBD akan tercukupi, termasuk jaringan internet akan ditambahkan anggarannya.

“Pemerintah daerah siap mendukung jalannya pesta demokrasi, kami harus memastikan proses ini berjalan dengan lancar, tidak ada alasan untuk tidak mendukung, dan harus berjalan dengan baik,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Muna Barat, Ishak mendukung atas dimulainya tahapan pemilu, yang artinya akan lebih maju selangkah dalam melakukan pengawasan proses penyelenggaraan pemilu berjalan secara demokratis dan berintegritas.

Bawaslu dengan kesiapan dini sudah siap mengawal dan mengawasi proses penyelenggaraan, Sehingga pihaknya meminta dukungan media dan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pemilu.

Penulis: Putri Wulandari
Editor: Musdar

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *