Sekda Buton Utara Sebut ASN Miliki Kewajiban Dalam Penanaman dan Penguatan Nilai-Nilai Pancasila

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Buton Utara, Muh Hardhy Muslim saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, di Aula Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah. Foto: Ist.
banner 468x60

BUTON UTARA, SULTRAKU.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utara, Muh Hardhy Muslim menyatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai salah satu komponen bangsa yang memiliki peran dalam membangun peradaban, memiliki kewajiban dalam penanaman dan penguatan nilai-nilai Pancasila.

Hal itu disampaikannya saat membuka sosialisasi ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan, di Aula Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Sabtu (13/8/2022).

Bacaan Lainnya

Hardhy menyebut, dasar hukum penguatan nilai-nilai Pancasila bagi ASN sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Kata dia, ASN berkewajiban untuk setia pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Aturan lain yang mengatur hal tersebut adalah Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS.

“Dalam berbagai aturan, penguatan Pancasila harus menjadi program utama dalam pembinaan jiwa korps ASN, sebab ASN memiliki peran yang besar dalam kelestarian nilai-nilai pancasila,” kata dia.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Muniarty M Ridwan mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu bentuk pembinaan terhadap ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan, agar lebih dipahami oleh seluruh elemen masyarakat.

Wawasan kebangsaan, lanjut dia, dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun ke luar.

“Hal ini berarti wawasan kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan negara di masa depan,” jelasnya.

Untuk diketahui, pemateri sosialisasi tersebut adalah Komandan Kodim 1429 Buton Utara, Letkol Kav Khomaruddin dan Anggota DPRD Sulawesi Tenggara, Hj Muniarty M Ridwan.

Sementara peserta sosialisasi ini di antaranya Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Buton Utara, para ASN setiap OPD dan Jajaran ASN Kecamatan Kulisusu.

Penulis: Aris
Editor: Kardin

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *