Pemda Muna Barat Kukuhkan Dandim 1416 Muna Sebagai Ayah Asuh Dalam Tekan Stunting

  • Whatsapp
Pengukuhan Dandim 1416 Muna sebagai ayah asuh stunting oleh Pj Bupati Muna Barat. Foto: Ist.
banner 468x60

MUNA BARAT, SULTRAKU.COM – Kurangnya kualitas dukungan keluarga dalam upaya penurunan stunting, menjadi salah satu faktor angka stunting masih tinggi.

Dalam festival ayah peduli ibu dan anak program inklusi Aisyiyah Kabupaten Muna Barat, Penjabat (Pj) Bupati, Bahri resmi kukuhkan Komandan Kodim (Dandim) 1416 Muna yakni Letkol Inf. G.R.B Hogendrop sebagai bapak asuh anak stunting di Muna Barat.

Bacaan Lainnya

Bahri mengucapkan terima kasih atas bersedianya Dandim 1416 Muna untuk menjadi bapak asuh anak stunting serta Aisyiyah Kabupaten Muna Barat, ia harapkan agar dapat menguatkan sinergi multi pihak, baik pemerintah daerah, pemerintah desa, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat lainnya agar dapat berkontribusi bagi pembangunan daerah.

Mengingat saat ini angka stunting masih tinggi, pemerintah telah tetapkan target prevalensi stunting hingga 14 persen pada tahun 2024.

“Sehingga dibutuhkan kerja keras multi pihak dan sinergi semua elemen untuk atasi stunting,” ungkapnya, Senin (19/12/2022).

Dikatakannya, salah satu faktor penyebab stunting maupun kurangnya kualitas kesehatan ibu dikarenakan tingginya pekerjaan, baik pengasuhan, pekerjaan rumah tangga, serta minimnya dukungan anggota keluarga dalam upaya penurunan stunting.

Ia juga menambahkan, dalam pengasuhan maupun upaya penurunan stunting dan kesehatan ibu dapat dilakukan oleh ayah, ibu dan pengasuh, maka pentingnya meningkatkan pemahaman dan keterampilan tentang peran ayah.

Sementara itu, Dandim 1416 Muna, Letkol Inf. G.R.B Hogendorp sebagai bapak asuh stunting atas intruksi yang telah digagas oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat yaitu Dudung Abdurachman yang ada di tingkat pusat yang selanjutnya diikuti oleh para satuannya, meliputi Pangdam, Danramil, Korem dan lainnya.

Dikatakannya pihak TNI sangat mendukung program ini, serta pihaknya akan selalu melaporkan kepada komando terkait update perkembangan angka stunting serta kegiatan di lapangan.

“Termasuk anak-anak yang terlibat stunting akan selalu dilakukan pengawasan tiap harinya,” ujarnya.

Penulis: Putri Wulandari
Editor: Kardin

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *