Katapayi Sulaa Baubau Terima Penghargaan Anugerah Paramakarya 2023

  • Whatsapp
Katapayi Sulaa Kota Baubau berhasil menerima penghargaan Paramakarya dari 50 kabupaten/kota di Indonesia. Foto: Ist.
banner 468x60

BAUBAU, SULTRAKU.COM – Paramakarya adalah penganugerahan tertinggi, kepada perusahaan berdasarkan unsur produktivitas tingkat nasional yang diberikan Presiden RI melalui Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dan digelar setiap dua tahun sekali.

Pemkot Baubau terima penghargaan Paramakarya dari Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dan Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah di Balai Sarbini Jakarta.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Abduh menuturkan, Perusahaan Katapayi Sulaa ini mendapatkan penghargaan Paramakarya karena berhasil meningkatkan produktivitas usaha, menjalankan perusahaan dengan baik, dan memiliki sistem manajemen yang efektif.

Proses pengajuan dimulai dengan memilih perusahaan yang dinilai memiliki kinerja baik dan produktivitas tinggi, serta perhatian terhadap karyawan dan efektivitas peralatan.

“Awalnya, perusahaan tersebut meraih penghargaan Siddhakarya tingkat provinsi dan diusulkan untuk mendapatkan penghargaan nasional, ternyata dipilih jadi salah satu yang menerima penghargaan Paramakarya,” tuturnya kepada Telisik.Id, Selasa (5/12/2023)

Pengelola UMKM Katapayi Sulaa, Linda Paliran mengungkapkan, keberhasilan UMKM Katapayi Sulaa Kota Baubau meraih penghargaan tidaklah mudah, sebab harus bersaing dengan UMKM 17 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara.

Dalam seleksi tahap pertama, berhasil lolos 7 daerah. Kemudian, setelah diseleksi lagi 7 daerah tersebut terus dikirim ke pusat maka yang memenuhi persyaratan tinggal 5 daerah. Setelah memenuhi seleksi yang cukup ketat di pusat, maka yang berhasil lolos tinggal 3, yakni UMKM Katapayi Sulaa dan UMKM CV Merpati Putih air minum mineral dalam kemasan serta 1 dari Kota Kendari.

Namun yang berhasil mendapatkan penghargaan hanya UMKM Katapayi Sulaa berskala kecil dan UMKM dari Kota Kendari berskala sedang.

Katapayi Sulaa pada tahun 2023 ini menjadi salah satu daerah penerima penghargaan Parama Karya dari 50 kabupaten/kota di Indonesia.

Dikutip dari Liputan6.com, arti dari Paramakarya itu sendiri adalah karya yang istimewa. Penghargaan bukanlah tujuan akhir yang ingin dicapai, tapi yang paling penting adanya 8 Business Excellent Framework yang harus dicapai perusahaan jika ingin menjadi Global Company, yaitu: kepemimpinan, perencanaan strategik, fokus pada pelanggan dan pasar, fokus pada pengembangan kompetensi SDM dan organisasi, informasi dan analisa, manajemen proses, hasil usaha, serta produktivitas.

Penulis: Elfinasari
Editor: Kardin

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *