Tim PKMI UHO Kendari Gelar Bimtek Peningkatan Produksi Kambing Kacang

  • Whatsapp
Ketua tim, La Malesi (kiri) saat menyampaikan materinya pada bimtek peningkatan produksi kambing kacang. Foto: Ist.
banner 468x60

KENDARI, SULTRAKU.COM – Tim dosen dari Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, aktif dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Internal (PKMI), melaksanakan bimbingan teknis yang berfokus pada peternak.

Kegiatan ini, yang dilakukan setiap tahun, diarahkan pada kelompok tani-ternak Sapta Jaya dengan tema Peningkatan Performa Produksi Kambing Kacang Sebagai Usaha Produktif Masyarakat Melalui Perbaikan Manajemen Pakan dan Perkandangan di Kelurahan Anggoeya.

Bacaan Lainnya

Sebagai Ketua tim, La Malesi menyampaikan, kegiatan bimbingan teknis direncanakan berdasarkan masukan dan saran langsung dari peternak. Input ini dihimpun melalui diskusi kelompok, dan hasilnya mencakup berbagai aspek seperti bibit, perkandangan dan penyakit, budidaya hijauan pakan, dan pengolahan limbah ternak.

La Malesi, yang juga menjadi pemateri pertama, menekankan pentingnya budidaya hijauan pakan dalam konteks ini. Dia menjelaskan, karena peternak seringkali tidak memiliki lahan yang memadai untuk menanam hijauan pakan, maka perlu dilakukan budidaya agar mereka tidak perlu mencari pakan yang tumbuh jauh dari lokasi ternak setiap harinya.

Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan performa produksi kambing kacang, dan menjadikan usaha peternak lebih produktif dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

Materi kedua, membahas perkandangan dan penyakit pada ternak kambing, disampaikan oleh Rahim Aka. Ia menegaskan, bibit, kandang, dan penanganan penyakit adalah aspek-aspek yang harus mendapat perhatian serius dari peternak.

Sementara itu, materi ketiga tentang pembuatan pupuk organik disampaikan oleh Arby’in Pratiwi. Ia menjelaskan, limbah ternak memiliki potensi untuk dimanfaatkan atau diolah menjadi pupuk organik baik dalam bentuk padat maupun cair.

Pemateri keempat, Ali Bain, membawakan materi tentang pengenalan dan penyusunan ransum pakan kambing. Penekanannya pada pentingnya memahami komposisi ransum pakan guna mendukung pertumbuhan dan kesehatan optimal ternak.

Kegiatan bimbingan teknis diikuti dengan antusias oleh peserta yang semangat mendengarkan materi yang disampaikan. Kepraktisan dan motivasi dari para pemateri membuat peserta memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang menjadi peternak yang berkinerja baik, yang pada gilirannya diharapkan dapat mendukung ekonomi keluarga mereka.

Oleh karena itu, mereka berharap untuk terus mendapatkan pendampingan dari tim selama proses pemeliharaan ternak guna mencapai produksi yang maksimal.

Penulis: Fitrah Nugraha
Editor: Kardin

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *