Peningkatan SDM Pekerja Teknisi untuk Penyediaan Infrastruktur Berkualitas

  • Whatsapp
Praktek para teknisi dari labolatorium PUPR Konawe di labilatorium Teknik Sipil UHO. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Sultraku.
banner 468x60

KENDARI, SULTRAKU.COM – Guna mengerjakan seluruh proses penyediaan infrastruktur dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) agar bisa dikelola dengan baik.

Pengawasan pekerjaan konstruksi merupakan salah satu tahap proses penyelenggaraan penyediaan infrastruktur. Perencanaan pekerjaan konstruksi, pelaksanaan serta pengawasan pekerjaan konstruksi dan pemeliharaan.

Bacaan Lainnya

Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pekerja teknisi, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Konawe, memberi kesempatan untuk para tenaga teknisinya mengikuti pelatihan pengujian aspal labolatorium konstruksi yang diadakan melalui kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO).

Kepala Lab Teknik Sipil UHO, Dr. La One, S.T., M.T mengatakan, dengan pelatihan diharapkan pekerjaan yang ada di Konawe memiliki jaminan kualitas pekerjaan yang bisa dikendalikan oleh Dinas PUPR.

“Kegiatan ini bisa dikembangkan di daerah-daerah lain, karena persoalan di lapangan itu banyak berkaitan dengan persoalan kualitas,” ujarnya.

Selain itu, perwakilan Lab PUPR Konawe, Muhammad Faisal sahlan mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari teknisi, karena perkembangan jaman semakin maju, otomatis perkembangan teknologi dan pengetahuan juga pasti akan berkembang.

“Dinas PUPR sekarang juga menjadi ujung tombak untuk pembangunan di Konawe, terutama untuk masalah jalan dan bangunan,” ujar Faisal.

Harapannya kerjasama ini dapat terus terjalin dan kemampuan dari teknisi dapat meningkat sehingga pekerjaan konstruksi di Konawe dapat terjaga.

Sementara itu, Dekan Teknik UHO, Dr. Edward Ngii, ST.,MT, mengatakan, dengan adanya ahli atau pakar-pakar yang sudah tersertifikasi bisa membantu pemda untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknisinya.

“Kita menawarkan kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota yang memiliki labolatorium teknisi untuk bekerjasama dalam meningkatkan kemampuan teknisinya,” ujar Edward.

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana
Editor: Kardin

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *