Dukung Pengembangan Desa Wisata, DPD IHSA Sullawesi Tenggara Resmi Terbentuk

  • Whatsapp
Dewan Pengurus Daerah (DPD) Indonesia Homestay Associa tion (IHSA) Sulawesi Tenggara Resmi terbentuk. Foto: Ist
banner 468x60

KENDARI, SULTRAKU.COM – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Indonesia Homestay Association (IHSA) Sulawesi Tenggara Resmi terbentuk. Kehadiran DPD IHSA Sulawesi Tenggara semakin menambah kekuatan dukungan pengembangan pariwisata di Sulawesi Tenggara sebagai bagian dari Asosiasi Nasional Kepariwisataan.

DPD IHSA Sulawesi Tenggara resmi memegang mandat untuk menjalankan roda organisasi yang bergelut di dunia akomodasi khususnya Homestay. Selama 5 Tahun masa jabatan pengukuhan ini ditandai dengan Surat Keputusan Nomor : 172/SK/DPP-IHSA/II/2024 Tentang penetapan Dewan Pengurus Daerah Indonesia Homestay Association (DPD IHSA) Provinsi Sulawesi Tenggara masa kerja 2024 – 2029, yang ditanda tangani langsung Ketua Umum DPP IHSA Hentje Alvy Ongoh , S.E., M.M. dan Sekretaris Jendral Muhammad Rifni, S.E., M.MTr.

Bacaan Lainnya

Ketua DPD IHSA Sulawesi Tenggara terpilih periode 2024-2029 Ahmad NIzar, yang juga saat ini masih menjalankan profesi sebagai jurnalis di salah satu media di kota kendari, mengungkapkan bahwa dirinya berharap dengan hadirnya IHSA di Sultra makin menambah energi baru dalam penguatan kapasitas sumber day manusia kepariwisataan khususnya di sektor Homestay.

“Alhamdulillah, saya sudah menerima SK dari DPP IHSA per tanggal 6 Februari kemarin. Terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan oleh DPP IHSA kepada saya untuk memipin DPD IHSA Sulawesi Tenggara selama 5 tahun kedepan,” ucapnya.

Ahmad Nizarengatakan Ini merupakan semangat baru sekaligus tantangan baru bagi saya pribadi untuk lebih berkontribusi bagi kepariwisataan disultra.

meskipun IHSA locusnya ke Homestay, namuan secara penerapan dalam dunia praktis kepariwisatan akan bertalian erat dengan penguatan kapasitas di Desa Wisata. Sehingga kerja-kerja kami di IHSA akan seiring jalan dengan pola pengembangan Desa Wisata” ucap ino sapaan akrabnya.(8/1/2024).

Lebih lanjut ino mengungkapkan bahwa di IHSA tidak hanya diisi oleh para pemilik homestay sebagai keanggotaan ataupun pengurus, namun praktisi, komunitas, penggiat pariwisata hingga akademisipun, juga terbuka ruang untuk bergabung.

Karena IHSA memiliki program jangka panjang yang lebih meluas di dunia kepariwisataan, sebab dari sejumlah asosiasi kepariwisataan yang ada saat ini, akan seiring sejalan programnya baik untuk dukungan pengembangan desa wisata, maupun kepariwisataan daerah.

“Contoh kasus IHSA nantinya tidak hanya berpikir untuk homestay, jika sudah dilakukan penguatan kapasitas dipengelola homestay tentunya akan bermuara lagi ke sisi bisnis bagaimana homestay mereka bisa terisi, sehingga IHSA juga punya tanggung jawab memikirkan bagaimana wisatawan bisa nginap disuatu destinasi atau desa wisata,” ucapnya

kata Ahmad Nizar, Ini akan bertalian dengan Paket atau atraksi wisata yang disajikan tentunya. Untuk Paket Wisata pun jika teman-teman di tingkatan desa wisata dalam hal ini Pokdarwis belum mampu untuk merancang.

IHSA bisa mensupport secara konsep penyusunan Pola Perjalanan ataupun Paket Wisatanya, sehingga pokdarwis ataupun travel bisa melahirkan produk paket wisata secara lingkup bisnisnya. Support demi terwujudnya Desa Wisata yang Berkelanjutan.

Saat ini pengurus DPD IHSA Sulawesi Tenggara sebagai DPD ke 26 Se-Indonesia diisi oleh Ahmad Nizar (Ketua) Baso Rani Mochtar (Sekretaris) Aldha Ayu Wulandari (Bendahara). Dan mengusung semangat Pariwisata Hijau Berbasis Homestay Desa Wisata sesuai amanah DPP IHSA.

Selanjutnya DPD IHSA Sultra akan mebentuk susuna wakil pengurus hingga Komisi-komisi diantaranya: Komisi Cleanliness, Healthiness, Safety & Environmental sustainability (CHSE), Komisi Hospitality & Services (H&S), Komisi Technology & Information (T&I), Komisi Business Ethics & Law Enforcement (BE&LE), Komisi Finance & Procurement (F&P) dan Komisi Creative Economy (CE).

Penulis: Erni Yanti
Editor: Fitrah Nugraha

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *