UKM UHO Jebol Kader Ikut Kompetensi Tingkat Nasional

  • Whatsapp
UKM-Pena UHO Kendari berhasil mengirimkan puluhan kader untuk berpartisipasi dalam program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Foto: Ist.
banner 468x60

KENDARI, SULTRAKU.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran (UKM-Pena) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, berhasil mengirimkan puluhan kader untuk berpartisipasi pada kompetisi bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Diketahui, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan beberapa kompetisi, di antaranya Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa), Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut merupakan event yang selalu diperebutkan dari tahun ke tahun. Seluruh mahasiswa Indonesia berebut untuk mendapatkan pendanaan program hingga sampai pada tahap awarding tingkat nasional.

Pada event tersebut, UKM-Pena UHO Kendari berhasil mengirimkan puluhan kader untuk berpartisipasi, mulai dari PPK Ormawa sebanyak 15 orang, PKM sebanyak 4 orang, serta P2MW sebanyak 2 orang. Nantinya para peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok itu, akan menjalankan proposal program yang telah diinisiasinya.

Sebelumnya, para mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini diharuskan terlebih dahulu membuat proposal pendanaan riset yang akan diseleksi oleh penyelenggara. Kemudian proposal riset yang terpilih akan mendapatkan dana untuk melaksanakan risetnya.

Program-program tersebut menjadi wadah untuk pengembangan diri mahasiswa agar mampu mengembangkan softskill dan kapasitas kadernya lewat pengabdian masyarakat. Selain itu, mendorong mahasiswa untuk melakukan beberapa riset pada 10 bidang, mulai dari eksakta, sosial humaniora, karsa cipta, dan bidang-bidang lainnya.

Ketua UKM-Pena, Rahmat mengungkapkan kesyukuran atas terpilihnya kader-kader UMK  yang berhasil lolos dalam kompetisi bergengsi tersebut. Dia berharap agar kader yang terpilih terus menebar semangat untuk berprestasi dan membangun energi positif kepada seluruh mahasiswa.

“Saya berharap para kader yang terpilih terus menebar semangat untuk berprestasi dan energi positif kepada seluruh mahasiswa UHO agar nantinya bisa berprestasi pada bidang yang sama,” ungkapnya, Selasa (20/6/2023).

Sementara salah satu peserta yang lolos Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha, Nur Annisa Fatiha mengaku bersyukur diberi kesempatan menjadi bagian dari peserta walaupun persaingan P2MW ini sangatlah ketat dan harus bersaing dengan berbagai team lainnya yang tidak tergolong sedikit.

“Kami sangat bersyukur bisa diberikan kesempatan untuk menjadi salah satu penerima pendanaan P2MW di tahun 2023 ini. Tentu kesempatan ini tidak akan kami sia-siakan dan kami sangat berharap minat mahasiswa untuk mengikuti program seperti ini dapat bertambah banyak di berbagai kampus terutama di UHO,” tutur Nur Annisa Fatiha.

Penulis: Ana Pratiwi
Editor: Haerani Hambali

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *