Mahasiswa UHO Kendari Studi Banding di Makassar Belajar Ilmu Sejarah

  • Whatsapp
Mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah FIB UHO Kendari melaksanakan PKL di Sulawesi Selatan dengan mengunjungi situs di Benteng Roterdam. Foto: Ist.
banner 468x60

KENDARI, SULTRAKU.COM – Sebanyak 43 mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melaksanakan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) di Sulawesi Selatan dengan mengunjungi situs di Benteng Roterdam Sulawesi Selatan.

Kegiatan PKL kali ini, para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan beberapa pengetahuan yang telah didapat di bangku kuliah, dalam hal metode penelitian ilmu sejarah.

Bacaan Lainnya

Selain mendatangi Benteng Roterdam di Sulawesi Selatan, mahasiswa juga melakukan studi banding di Departemen Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanudin.

Ketua Jurusan, Aslim dalam sambutannya dalam menyampaikan, kegiatan PKL ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap semester oleh jurusan.

Kegiatan PKL merupakan aplikasi dari ilmu yang diperoleh dibangku kuliah, sehingga mahasiswa harus sungguh-sungguh dalam melaksanakannya karena ada unsur penilaian.

“Tujuan dari kegiatan PKL ini diharapkan hasil kujungan dan studi banding yang di lakukan oleh mahasiswa dan dosen-dosen ilmu sejarah bisa diterapkan, kegiatan ini difokuskan kepada mahasiswa agar mampu mengeplementasikan hasil dari PKL ini,” bebernya.

Penanggung Jawab Mata Kuliah PKL, La Ode Ali Basri menjelaskan, maksud dan tujuan dari kuliah lapangan ini sebagai bagian penting dalam rangkaian matakuliah metode penelitian ilmu sejarah, kuliah lapangan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam mempelajari lingkup kemasyarakat yang sifatnya sejarah.

Pentingnya PKL dalam ilmu sejarah seperti ini, memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dan membantu mereka mengaitkan teori dengan praktik.

Dalam kegiatan ini diharapkan mahasiswa ilmu sejarah betul-betul memahami sumber-sumber sejarah yang tidak terlepas dengan kehjdupan manusia

Kegiatan ini didampingi oleh beberapa dosen di antaranya, Aslim selaku Ketua Jurusan Ilmu Sejarah, La Ode Ali Basri selaku Penanggung Jawab Mata Kuliah PKL, Aswati, dan Khabirun, serta Salebaran.

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan
Editor: Kardin

banner 300x600

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *